Rabu, 22 Februari 2012

Penjara Impian

Sudah tahu kan khasus / info di berita-berita tentang penjara yang mewah seperti penjaranya Artalyta Suryani . Sebenarnya tujuan dibuat pejara itu apa sih? apakah hanya sebagai kandang para orang-orang yang bersalah? atau tempat tinggal sementara orang-orang yang bersalah sehingga penjara itu difasilitasi seperti tempat tinggal aslinya. Penjara atau hotel, tentunya penjara, pemerintah di Indonesia masih kurang tegas dan ketat dalam soal sanksi atau hukuman kepada tawanan nara pidana terutama tawanan yang 'berduit' sehingga walaupun mereka sudah masuk di sel penjara mereka tetap menikmati fasilitas mewah layaknya kehidupan mereka sehari-hari, seperti ditambahakan kasur yang empuk, bed cover, AC,  karpet, bantal, TV, DVD dan lain-lain mungkin ada bath tube kayaknya, ahaha. 
But,
Aku bukan bahas tentang penjara mewahnya para nara pidana di Indonesia tetapi ada keterkaitannya dengan 'PENJARA' yaitu penjara yang diubah menjadi HOTEL mewah dan berkelas di dunia. Penjara dibangun sebagai tempatnya para tawanan yang berperiodik waktu tahanannya, penjara tentunya berinteriorkan kekejaman, uncomfortable, jarang dirawat, dan tak penuh kepedulia. Namun penjara tak selamanya menjadi tempat penahanan para tawanan tetapi penjara bisa berevolusi menjadi suatu tempat 'wisata' ataupun tempat lainnya salah satunya hotel mewah. Berikut macam-macam penjara di dunia yang berpaling berevolusi menjadi HOTEL mewah:
Liberty Hotel, Boston. 
Dulu bangunan ini dibuka sebagai penjara Charles Street. Penjara ini beroperasi penuh pada tahun 1851 sampai dengan 1990. Di tahun 2007 bangunan ini akhirnya dijadikan hotel mewah dengan jumlah 18 kamar luxury dengan 2 Restaurant (bar) mewah yaitu Clink dan Lydia Shire's Scampo.
Four Seasons Hotel Istanbul
Dan tentunya di Turki. Dari desainnya terlihat seperti penjara tua yang sudah di perbarui. Konon bangunan ini dulu dijadikan asli sebagai salah satu penjara di Turki pada tahun 1918. Pada tahun 1996 bangunan ini dibuka sebagai hotel Four Seasons.
Malmaison Oxford Hotel, England
 Bangunan yang besar dan gagah ini berubah menjadi bangunan yang mewah karena menggabungkan unsur kemewahan dengan pesona penjara. Ada 40 kamar sel yang masing-masing terciptakan dari 3 sel. Hotel ini menggunakan besi tempa tangga dan pintu baja yang tebalnya 3 inci yang jelas mencerminkan bahwa itu adalah PENJARA pada awalnya. Malmaison hotel ini termasuk Hotel paling mewah dan terkenal yang bangunannya berasal dari penjara.
The Bridgewater lodge, Cape Town.
Bangunan ini dibangun pada tahun 1859 di Cape Town, Afrika Selatan. Penjara BreakWater merupakan penjara pria yang berfasilitas periodik. Sekarang bangunan ini masih dianggap sebagai bangunan yang mempunyai 'kenangan' yang tak menyenangkan karena bangunan ini merupakan penjara pertama yang mempergunakan sistem segregasi rasial. Pada tahun 1926-1989, BreakWater menjadi hostel bagi pekerja dermaga hitam 'gelap'. Setelah perkembangan jaman yang makin 'menjadi-jadi' (modernisasi) bangunan yang dulunya adalah penjara yang membawa kekejaman sekarang menjadi bangunan hotel/resort nan mewah.

Katajanokka Hotel, Helsinki
 Bangunan berwarna merah ini adalah bekas penjara besar yang beroperasi lumayan lama sekitar 175 tahun (1837-2002) bisa dibilang hampir 2 abad (seperempat menuju 2 abad). Kemudian gedung itu di ubah menjadi hotel bernuansa 'penjara Eropa'.
Hotel Lowengraben, Switzerland
Bangunan ini difungsikan sebagai penjara sampai tahun 1998. Setelah penjara ini tak beroperasi lagi, bangunan ini dibuka lagi sebagai hotel butik yang kecil dan bersih sehingga terlihat seperti hotel luxury


well, ternyata tempat yang dipandang buruk tak selamanya menjadi yang terburuk justru bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga bahkan lebih. Sebenarnya masih ada lagi penjara yang tak berfungsi karena berbagai macam faktor sehingga dijadikan macam-macam tempat. Entah kapan LP Cipinang atau LP Kerobakan dijadikan hotel juga, kita tunggu evolusinya...hahaha

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers