Minggu, 10 Juli 2011

Cacar Air !! (Varicella Simplex)

Cacar Air atau bahasa ilmiahnya Varicella Simplex dan juga yang paling sering di dengar Chiken Pox adalah penyakit yang terus menular secara berantai(berganti-gantian) lewat udara, penyakit yang dikarenakan virus Varicella Zoster yang masuk ke dalam tubuh kita lewat udara melalui hidung atau mulut saat melakukan sistem pernapasan.


Saat seseorang ''A'' menderita cacar air maka virusnya bisa saja ber''terbangan'' lewat udara dan menyebar ke daerah lain dan akhirnya masuk ke tubuh seseorang yang ''belum'' pernah terkena penyakit ini, tapi kalau virus ini masuk atau akan menular ke seseorang yang "sudah" pernah tertular/sakit cacar air maka dia tidak akan bisa tertular lagi atau penyakit ini bisa dibilang ''penyakit sekali seumur hidup''.


Cara penyakit ini menular, saat virus masuk ke dalam tubuh, virus ini akan langsung menyebar ke seluruh tubuh melalui darah, timbullah ''bintul'' kemerahan kecil di kulit dan terbentuklah lenting yang berisi cairan virus dengan lapisan dinding yang sangat tipis dan rentan pecah, lenting ini biasa sangat gatal , tapi disaat masa penyembuhannya lenting ini akan mengempes dan mengering, tapi jika ada yang pecah kamu harus segera membersihakn kulit yang terkena cairan dari pecahan tsb karena cairan itu akan menular ke kulit anda di tempat yang terkena cairan itu. 


Gejalanya ditandai dengan rasa pusing, dan rasa tidak enak badan lainnya.
Saat kamu sudah terserang penyakit ini kekebalan tubuh kamu akan ''down'' atau menurun sehingga rasanya akan lemas sekali dan lemah beserta rasa pusing di kepala. Di masa karantina, anda cukup istirahat saja, dan mengobati cacar kamu, seperti mengoleskan salib ''Acyclovir'' dan jika terasa gatal bisa menggunakan bedak Salicyl,tapi kalau ke dokter, mintalah obat khusus supaya cepat sembuh. Untuk kebersihan kamu juga boleh mandi TAPI kamu tidak boleh demam atau panas, jadi kamu boleh mandi saat kamu sudah sembuh dari demam/panas, dan jangan di gosok terlalu kuat dengan handuk kamu saat mengeringkan tubuh.


Untuk mencegahnya, bayi atau balita harus diimunisasi. 




untuk selengkapnya, bisa di baca di situs-situs kesehatan/kedokteran lainnya*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers