Sabtu, 06 April 2013

ALONE VACATION TO SINGAPORE

Hai, aku mau berbagi cerita dan experience berlibur ala backpacker sendiri ke Lion City atau Singapore.
START!
Sebelum berpergian, pastinya every traveller mempersiapkan barang-barang yang akan dibawanya sesuai kebutuhan ditempat berliburnya. Kali ini aku hanya ke Singapura dalam waktu yang lumayan singkat untuk berlibur di akhir pekan sekaligus mengisi libur hari raya Kuningan yaitu 3Days 2 Nights, . Yang ku bawa tentunya barang-barang yang sesuai dengan lamanya aku akan berlibur disana dan sesuai ketentuan maskapai penerbangan yang ku tumpangi yaitu Air Asia yang tiap penumpangnya hanya diperbolehkan membawa barang bawaan ke dalam pesawat (ditaruh di cabin) yaitu tas/koper dengan berat Max 7KG  dan ukuran yang telah ditentukan, beserta 1 tas kecil(handbag)/tas laptop, yang kubawa seperti kacamata, 4 baju, 3 celana dan brief juga, perlengkapan mandi (sikat gigi, sabun/bathfoam), uang, charger HP/ghadget, paspor, boarding pass, ticket pesawat, hotel voucher dan sedikit snack untuk mengisi waktu nge-mealku.
Karena aku masih umur 16 dan statusnya sebagai pelajar, agak susah bagiku untuk menghasilkan uang banyak untuk berlibur keluar negeri, namun untungnya tahun lalu(2012) Maskapai Penerbangan low cost terbaik di dunia yaitu Air Asia memberikan promosi freeseat,sehingga tiket pesawat (return/pp) totalnya sekitar Rp.400.000'an! Sangat murah! lebih murah ke Singapore dengan Air Asia dari pada aku pulang kampung ke Manado!ThanksAirAsia!   .
Karena juga aku belum punya rekening bank pribadi, maka tiket pesawat yang dibayar online dan langsung pada saat proses pemesanan was paid by my mom via Credit Card. Dan juga akomodasi seperti Guest House-Bugis Cozy Corner, my mom paid it by online booking. Jadi aku sisanya selain biaya pesawat dan penginapan, seperti makan, transportasi, meal, uang saku dan sebagainya aku yang bayar kecuali kedua itu tadi.
Proccess
Berangkat dari rumah sekitar jam 6 pagi karena setidaknya minimal 2 jam sebelum penerbangan, harus sudah berada di Airport. Untungnya saat itu Denpasar still morning dan tak macet, jadi aku ke Ngurah Rai International Airport itu enjoy-enjoy saja di antar ayah without stress because of traffic. Sesampai disana pas sekitar jam 7.00AM, antrian check ini lumayan panjang, dan untungnya pada step ini hingga masuk ke dalam waiting room /gate semuanya berjalan dengan lancar.

      • Typs :
        • Siapkan uang pas sebesar Rp. 150.000 sebagai Airport Tax dan dibayar sesudah Check Inn (CI) di counter maskapai penerbangan yang dipakai
        • Saat masuk gate (ruang tunggunya) pastinya tidak diperkenankan membawa minuman atau cairan yang lebih dari 100ml. Pastikan minyak, parfum anda maximal berisi 100ml perbotol, dan disarankan untuk membawa botol air mineral kosong untuk dibawa ke Singapore, 1 orang cukup 1 botol kosong saja. (hal ini berlaku disemua airport).
Boarding
Saat memasuki pesawat dan mencari tempat duduk sesuai yang tertera di boarding pass, My seat number is 16A, di paling pinggir dekat jendela, so i can see the beautyful of high sky. Ternyata kali ini aku duduk sama 2 gadis Chinese, untungnya mereka baik, walau aku tak mengajaknya ngobrol

      • .Typs :
        • Saat boarding, tentunya para penumpang dilarang menyalakan handphone dan gadget pemantul radioaktif dan radiasi yang akan mengganggu navigasi pesawat. Jika anda bosan, nyalakanlah gadget atau handphone anda TANPA mengaktifkan jaringan seluler dan wifi, melainkan aktifkan Mode Penerbangan yang ada (Flight Mode) dengan itu hp dan gadget bisa digunakan selama penerbangan hanya untuk sekedar main games, berfoto, lihat album foto, listening music dan nonton film.
        • Ingat! khususnya maskapai penerbangan Air Asia tak memperkenankan para penumpangnya makan makanan dari luar dan jika ingin makan anda bisa membelinya langsung di cabin, atau lebih baik makan semasih berada di airport supaya saat di pesawat tak akan kelaparan.
        • Bacalah majalah yang disediakan, untuk mengurangi rasa jenuh kamu dipesawat.
        • Tidurlah jika merasa pusing dan agak mual,
        • Lebih disarankan untuk tidak memakai skinny jeans yang justru membuat anda kurang comfort saat duduk di dalam pesawat.
        • Ajaklah ngomong teman atau orang yang berada duduk disamping anda, tapi perhatikan juga orang itu sebelum diajak berbicara supaya tak mengganggunya. (typical orang berbeda-beda! ingat)
        • Dan patuhi petunjuk yang ada dalam cabin!.
Landing
Yap, aku merasa sangat hafal saat melihat Changi International Airport saat landing. Pastinya aku arrived di Terminal1 CIA (Changi International Airport). Begitu memasuki airport, aku langsung ke toilet untuk memperbaiki penampilan dan minum air free yang disediakan di airport sambil mengisi air kedalam botol kosong yang kubawa (lumayan, loh, dari pada beli di minimarket, jika dirupiahkan harganya mahal). Selanjutnya aku langsung CI (check In pada imigrasi di airport), Budayakan Antri dan jangan Rusuh! begitulah yang harus dicontoh saat di Singapura, sambil mengantri aku menggunakan akses free wifi di T1, so aku bisa wechat sama teman sebangku ku di sekolah yaitu Angga dan greet to my parents di Bali by WeChat! untungnya ku mendapat petugas imigrasi yang baik (seorang wanita melayu) pelayanannya sangat bagus, dan dia menjelaskan dengan singkat dan padat apa yang belum ku isi pada imigration card itu.
Setelah CI, dari T1, aku langsung naik akses mini train to T2 dimana aku akan naik MRT from Changi to Bugis.

      • Typs :
        • Isilah botol minum kosong yang kamu bawa dengan air minum gratis disana, karena harga air mineral di mini market singapore paling murah saya membeli SGD1.20, atau sekitar Rp.9000 perbotol!.
        • Saat check In, janganlah berpikiran negatif dan menyindir petugas! jangan! Singapore dan Indonesia typical orangnya berbeda-beda, jika di Indonesia anda membayar sesuatu pasti dilayani dengan senyuman oleh kasirnya namun di Singapore beda, rata-rata mereka  smileless atau kurang senyum, jadi jangan langsung nyindir kalau mereka 'judes' justru mereka harus serius dalam pekerjaannya.
        • Jangan minum dan makan di MRT! karena kamu bisa dikenakan denda yang tinggi! hal itu dianggap akan mengotori MRT jika ada yang makan dan minum!.
        • Jangan curang saat masuk loket! anda bisa ditegur keras!.
        • Saat ini MRT menggunakan New Standart Ticket, dimana anda hanya cukup sekali saja untu membeli ticket card, dimana pada 1st trip anda membayar tambahan 10cent as Deposit, pakailah kartu itu hingga 3rd trip (isi ulang) dan dapatkan 10cent Refund, pakailah kartu itu lagi hingga 6th trip (isi ulang kartu yang sama) dan enjoy 10cent as Discount!. Mudah dan hemat kan!
Start
Sesampai di Bugis, aku langsung ke Cozy Corner GuestHouse, GH yang sangat strategis untuk berpergian ke pusat wisata di Singapura, ku akui itu!. CI dengan voucher hotel dan langsung menuju kamar dorm, kamar seperti 'asrama' dimana dalam 1 kamar terdapat 3 tempat tidur bertingkat sehingga total bed nya ada 6. Setelah CI, aku menaruh barang-barang di bawah bed ku (aku mendapat bed bawah). Setelah itu aku langsung pergi ke Johor Bahru, Malaysia menggunakan MRT dari bugis ke Kranji dan dari Kranji aku menggunakan bus CW link (the yellow bus), siapa tau saat di JB City (mall) ada bazaar dan diskon lagi, lumayan kan..
....to be continue

2 komentar:

  1. keren vladi!. jadi pengeeeenn backpacking kesana, lanjutin dong post nya

    BalasHapus
  2. wah sangat menarik sekali ceritanya hehe...
    udah lama pengen ke singapore


    Paket Wisata Dieng

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers